Web Hosting Google Celebrate - "Juan Gris 125th Birthday" - Ekspresi Kita
Headlines News :
Home » » Google Celebrate - "Juan Gris 125th Birthday"

Google Celebrate - "Juan Gris 125th Birthday"


Tepat hari ini, tanggal 23 Maret merupakan hari lahir Juan Gris

    Juan Gris yang lahir dengan nama  Jose Victoriano Gonzalez-Perez, adalah seorang pelukis dan pematung dari negara Spanyol, namun dia tinggal dan bekerja di Perancis selama masa hidupnya. Lahir di kota Madrid pada 23 Maret 1887, lalu kemudian pindah ke Paris, Perancis pada tahun 1906, yang kemudian berteman dengan Henri Matisse, Georges Braque, Fernand Léger. Kemudian pada tahun 1915, ia dilukis oleh temannya, Amedeo Modigliani.


 

     Di Paris, Juan Gris mengikuti jejak teman yang lain yang juga masih rekan senegaranya, Pablo Picasso. Meskipun dia kirimkan ilustrasi muram lucu untuk jurnal seperti Le Rire, L'Assiette au beurre, Le Charivari, dan Le Cri de Paris, Juan Gris mulai melukis dengan serius di tahun 1910, dan tahun 1912 ia mengembangkan gaya Kubisme pribadi. Potretnya dari Picasso pada tahun 1912 adalah awal yang signifikan Cubist pengecatan dilakukan oleh seorang pelukis selain Picasso atau Braque. Meskipun Picasso dianggap oleh Juan Gris sebagai guru, Gertrude Stein menulis dalam The Autobiography of Alice B. Toklas bahwa "Juan Gris satu-satunya orang yang Picasso ingin pergi"


     Potret Picasso, 1912, minyak di atas kanvas, Institut Seni Chicago. Pada awalnya Juan Gris dicat dengan gaya analitik Kubisme, namun setelah tahun 1913 ia mulai konversi ke Kubisme sintetik, dimana ia menjadi juru teguh, dengan penggunaan luas kolase papier Colle.
     
     Tidak seperti Picasso dan Braque, yang karya Kubisme adalah monokromatik, Juan Gris menggunakan cat dengan warna cerah yang harmonis dan berani, kombinasi baru dengan cara temannya yang bernama Matisse. Karya Juan Gris dipamerkan bersama dengan pelukis dari Grup Puteaux di Salon de la Bagian d'Or pada tahun 1912. Preferensi-Nya untuk kejelasan dan ketertiban dipengaruhi gaya Purist dari Amedee Ozenfant dan Charles Edouard Jeanneret (Le Corbusier), dan membuat Juan Gris sebuah contoh penting dari "kembalinya keamanan" pasca-perang.

 


     Juan Gris diartikulasikan sebagian besar teori-teori estetika selama 1924 dan 1925. Dia memberikan ceramah definitif nya, Des possibilites de la peinture, di Sorbonne pada tahun 1924. Pameran Juan Gris berlangsung di Simon Galerie di Paris dan Flechtheim Galerie di Berlin pada tahun 1923, dan pada Flechtheim Galerie di Düsseldorf pada tahun 1925.

     Pada bulan Oktober di tahun 1925, Juan Gris sering sakit dikarenakan serangan penyakit uremia dan jantung. Dia meninggal karena gagal ginjal di Boulogne-sur-Seine (Paris) pada 11 Mei 1927, di usia 40 tahun, dan meninggalkan seorang istri yang bernama, Josette, dan seorang putra yang bernama, Georges.





Share this article :
@Roseline_Hair
@Roseline_Hair
#CelotehAds
Daftar Iklan Twitter #CelotehAds Di Sini

Like Us On Facebook

 
Website By : CelotehShop.com | @Celoteh_ID | @CelotehPROMO
Sponsored by @CelotehAds
Copyright © 2012 - 2017. Ekspresi Kita #CelotehAds(Celoteh Advertising) - All Rights Reserved
Website By www.celoteh-id.com #CelotehAds