Web Hosting 22 April, Hari Bumi (Earth Day) - Ekspresi Kita
Headlines News :
Home » » 22 April, Hari Bumi (Earth Day)

22 April, Hari Bumi (Earth Day)


Hari Bumi adalah hari awal setiap tahun pada acara yang diadakan di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap Bumi 's lingkungan alam . Hari Bumi yang sekarang dikoordinasikan secara global oleh Jaringan Hari Bumi ,  dan dirayakan di lebih dari 175 negara setiap tahun.  Pada tahun 2009, PBB yang ditunjuk April 22 Ibu Internasional Hari Bumi .  Hari Bumi direncanakan untuk April 22 di semua tahun setidaknya sampai tahun 2015. 

Nama dan konsep Hari Bumi diduga dipelopori oleh John McConnell pada tahun 1969 di UNESCO Conference di San Francisco. Hari Bumi pertama kali diamati di San Francisco dan kota-kota lain pada tanggal 21 Maret, 1970 hari pertama musim semi di belahan bumi utara. Ini hari imbang alam kemudian disetujui dalam Proklamasi ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal U Thant pada PBB di mana ia mengamati setiap tahun. Tentang waktu yang sama Hari Bumi terpisah didirikan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson sebagai lingkungan mengajar-in pertama kali diadakan pada tanggal 22 April 1970. Sementara ini April 22 Hari Bumi difokuskan pada Amerika Serikat, sebuah organisasi yang diluncurkan oleh Denis Hayes , yang menjadi koordinator nasional asli pada tahun 1970, membawanya peristiwa internasional pada tahun 1990 dan diselenggarakan di 141 negara. Banyak masyarakat merayakan Bumi Minggu, satu minggu kegiatan difokuskan pada isu lingkungan.


Asal-usul Hari Bumi dikreditkan ke Gaylord Nelson, maka Senator AS dari Wisconsin, setelah menyaksikan kerusakan akibat tumpahan minyak besar-besaran 1969 di Santa Barbara, California. Terinspirasi oleh gerakan anti-perang mahasiswa, ia menyerukan lingkungan mengajar-in , atau Hari Bumi, yang akan diadakan pada tanggal 22 April 1970. Lebih dari 20 juta orang berpartisipasi tahun itu, dan ini Hari Bumi yang sekarang diamati pada 22 April setiap tahun oleh lebih dari 500 juta orang dan pemerintah nasional beberapa di 175 negara. Banyak masyarakat merayakan Minggu Bumi, satu minggu kegiatan difokuskan pada isu-isu lingkungan.

Nelson, seorang aktivis lingkungan dan konservasi, mengambil peran utama dalam mengorganisir perayaan, berharap untuk menunjukkan dukungan politik populer untuk agenda lingkungan. Dia mencontoh pada yang sangat efektif Perang Vietnam mengajarkan-in dari waktu. Hari Bumi pertama kali diusulkan pada prospektus untuk JFK yang ditulis oleh Fred Dutton . Namun, Nelson memutuskan banyak pendekatan top-down Dutton itu, mendukung upaya, desentralisasi akar rumput di mana setiap komunitas dibentuk aksinya sekitar keprihatinan lokal.

Nelson telah mengandung ide untuk lingkungan pengajaran dalam mengikuti perjalanan ia mengambil ke Santa Barbara tepat setelah itu tumpahan minyak mengerikan lepas pantai pada tahun 1969. marah kehancuran dan Washington inersia politik, Nelson mengusulkan nasional mengajar- dalam terhadap lingkungan untuk diamati oleh setiap kampus universitas di AS 

Saya yakin bahwa semua yang perlu kita lakukan untuk membawa desakan luar biasa dari generasi baru yang kita membendung gelombang bencana lingkungan adalah untuk menyajikan fakta-fakta secara jelas dan dramatis. Untuk menyusun upaya tersebut, saya mengusulkan nasional mengajar-in pada krisis lingkungan yang akan diadakan musim semi berikutnya pada setiap kampus universitas di seluruh Bangsa. Krisis ini begitu dekat, menurut pendapat saya, bahwa setiap universitas harus menyisihkan 1 hari dalam sekolah tahun pada hari yang sama di seluruh Bangsa-untuk mengajar-in.

Salah satu penyelenggara acara mengatakan:
"Kami akan fokus sejumlah besar kepentingan umum pada berbagai, seluruh macam peristiwa lingkungan, mudah-mudahan sedemikian rupa bahwa itu akan menarik keterkaitan antara mereka dan, membuat orang untuk melihat seluruh hal sebagai satu konsisten jenis gambar, gambar sebuah masyarakat yang yang cepat menuju arah yang salah yang harus berhenti dan berbalik.
"Ini akan menjadi urusan yang sangat besar, saya pikir Kami memiliki kelompok yang beroperasi sekarang di sekitar 12.000 SMA, 2.000 perguruan tinggi dan universitas dan beberapa ribu kelompok masyarakat lainnya.. Ini aman untuk mengatakan bahwa saya berpikir bahwa jumlah orang yang akan berpartisipasi dalam satu atau cara lain akan mulai dalam jutaan ".

Nelson mengumumkan gagasannya untuk mengajarkan nasional-hari pada lingkungan dalam pidato kepada kelompok konservasi pemula di Seattle pada tanggal 20 September 1969, dan kemudian lagi enam hari kemudian di Atlantic City untuk pertemuan United Auto Workers. Nelson berharap bahwa kemarahan akar rumput tentang isu-isu lingkungan mungkin terbukti Washington, DC betapa sedih orang Amerika dalam konstituensi setiap. Nelson diundang Republik Perwakilan Paul N "Pete" McCloskey untuk melayani sebagai co-kursi dan mereka dimasukkan sebuah organisasi nirlaba baru, Lingkungan Teach-In, Inc, untuk merangsang partisipasi seluruh negeri. Keduanya terus memberikan pidato memasukkan acara tersebut. 

Pada tanggal 29 September 1969, dalam, lama halaman depan New York Times artikel, Gladwin Bukit wrote:
"Meningkatnya kekhawatiran mengenai" krisis lingkungan "melanda kampus bangsa dengan intensitas yang mungkin dalam perjalanan untuk gerhana ketidakpuasan mahasiswa atas perang di Vietnam ... hari nasional memperhatikan masalah lingkungan, analog dengan demonstrasi massal pada Vietnam, sedang direncanakan untuk musim semi berikutnya, ketika sebuah lingkungan nasional 'mengajar-in' ... dikoordinasikan dari kantor Senator Gaylord Nelson direncanakan ".... 

Denis Hayes , sebuah Harvard mahasiswa pascasarjana, membaca artikel NYT dan melakukan perjalanan ke Washington untuk terlibat. Dia telah menjadi mahasiswa tubuh presiden dan seorang aktivis kampus di Stanford University di distrik McCloskey dan mana Ajarkan-In anggota dewan Paul Ehrlich adalah seorang profesor. Dia pikir dia mungkin akan diminta untuk mengatur Boston.Sebaliknya, Nelson akhirnya meminta Hayes untuk drop out dari Harvard, merakit staf, dan mengarahkan upaya penataan Amerika Serikat. Hayes akan pergi untuk menjadi advokat lingkungan diakui secara luas.

Hayes merekrut beberapa lulusan perguruan tinggi muda untuk datang ke Washington, DC dan mulai merencanakan apa yang akan menjadi April 22 Hari Bumi pertama.

Saran Nelson sulit untuk melaksanakan, sebagai gerakan Hari Bumi terbukti menjadi otonom tanpa badan pusat. Sebagai Nelson menegaskan, itu hanya tumbuh sendiri:

Hari Bumi berhasil karena dari respon spontan pada tingkat akar rumput. Kami tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk mengatur 20 juta demonstran dan ribuan sekolah dan masyarakat lokal yang berpartisipasi. Itu adalah hal luar biasa tentang Hari Bumi. Ini terorganisir itu sendiri.

The April 22, 1970, Hari Bumi menandai awal dari gerakan lingkungan modern. Sekitar 200 juta orang Amerika berpartisipasi. Ribuan perguruan tinggi dan universitas protes terorganisir terhadap kerusakan lingkungan . Grup yang telah berjuang melawan tumpahan minyak , pabrik-pabrik berpolusi dan pembangkit listrik , baku limbah , pembuangan racun, pestisida , jalan tol dan tol pemberontakan , hilangnya hutan belantara , dan polusi udara tiba-tiba menyadari bahwa mereka berbagi nilai-nilai bersama.

Liputan media dari Hari Bumi 22 April pertama termasuk Satu-Jam Perdana-waktu CBS News Laporan Khusus disebut "Hari Bumi: Sebuah Pertanyaan dari Survival," dengan koresponden melaporkan dari belasan kota besar di seluruh negeri, dan diriwayatkan oleh Walter Cronkite ( latar belakang yang merupakan Minggu Bumi Komite logo Philadelphia)

Pete Seeger adalah pembicara utama dan artis di acara yang diselenggarakan di Washington DC. Paul Newman dan Ali McGraw menghadiri acara yang digelar di New York City. 

Sumber: Wikipedia

Share this article :
@Roseline_Hair
@Roseline_Hair
#CelotehAds
Daftar Iklan Twitter #CelotehAds Di Sini

Like Us On Facebook

 
Website By : CelotehShop.com | @Celoteh_ID | @CelotehPROMO
Sponsored by @CelotehAds
Copyright © 2012 - 2017. Ekspresi Kita #CelotehAds(Celoteh Advertising) - All Rights Reserved
Website By www.celoteh-id.com #CelotehAds